![]() |
CSR PT Suparma Tbk di Wisata Rakyat Balongpesapen Sumber: Dokumentasi EcoPedia |
Dalam komitmennya terhadap lingkungan sosial, PT Suparma Tbk bersama brand See-U menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertema “Empowering Sustainable Community” di wilayah Wisata Rakyat Balong Pesapen Sumur Welut, Surabaya. Program yang dilaksanakan pada Minggu, 1 Juni 2025 ini menghadirkan beberapa kegiatan menarik yang sesuai dengan tema dan bertujuan untuk menanamkan nilai - nilai kepedulian lingkungan kepada masyarakat, mulai dari anak anak hingga pelaku UMKM.
Lomba yang diadakan seperti lomba kostum dari bahan daur ulang, penanaman pohon bibit, lomba mewarnai dengan tema “Aku Cinta Lingkungan”, dan jalan sehat yang diikuti lebih dari 2.000 peserta. Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari kolaborasi antara perusahaan dengan masyarakat dalam membangun kesadaran lingkungan. “Acara ini menitikberatkan pada keberlanjutan, khususnya membangun kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan,” jelas Ridho Agung Gumelar, panitia penyelenggara. “Awalnya ada sedikit kesulitan untuk menjalin komunikasi dengan warga sekitar, tapi karena ada panitia yang tinggal di dekat lokasi, hal itu bisa diatasi dengan baik,” tambah Ridho. Ia mengakui bahwa proses kolaborasi dengan masyarakat tidak mudah.
Ridho juga berharap kegiatan ini dapat mendorong kemajuan baik dari sisi ekonomi maupun peningkatan jumlah pengunjung. Antusiasme masyarakat pun sangat terlihat jelas. Budi, salah satu warga Wiyung yang mengikuti jalan sehat mengaku senang dengan diadakannya acara ini “Senang si, ramai. Jarang kan ada acara - acara seperti ini apalagi dari instansi seperti ini terus bagi bagi doorprize di warga sekitar jadi ramai gitu” kata budi.
Direktur PT Suparma Tbk, Lee Hong Choon menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bukti konkret perusahaan dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan “Kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, serta mendorong aksi nyata dalam menjaga kelestarian bumi,” ungkap Lee di hadapan masyarakat yang hadir. Selain fokus pada isu lingkungan, kegiatan ini juga menyentuh aspek sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya dalam mendukung pelaku UMKM, serta membangun kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.
General Manager Public & Business Relation PT Suparma Tbk, Wahyu Kristyawan mengatakan bahwa ia juga membangun lapak permanen seluas 120 meter persegi untuk 40 pelaku UMKM dan menyediakan tempat sampah terpilah agar pengunjung, khususnya anak - anak mulai terbiasa memilah sampah sejak dini. Melalui program ini, PT Suparma Tbk tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam aksi nyata peduli lingkungan.
![]() |
Infografis CSR PT Suparma Tbk (EcoPedia: Rifky) |
Perusahaan berharap kegiatan seperti ini bisa terus ditingkatkan dan menjadi contoh antara dunia usaha serta masyarakat dalam menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Komitmen jangka panjang terhadap PT Suparma Tbk juga menekankan pentingnya sinergi antara edukasi, infrastruktur, dan pemberdayaan ekonomi lokal. PT Suparma Tbk tidak hanya memberi ruang tumbuh bagi pelaku usaha kecil, tetapi juga menanamkan nilai tanggung jawab lingkungan sejak dini. Hal ini menjadi cerminan bahwa tidak hanya soal menjaga lingkungan, melainkan juga menciptakan ekosistem yang mandiri, dan memiliki daya saing. (dva/rif)